Hindarkan Anak dari 'GADGET"



NEWS - Dalam kamus bahasa Indonesia Gadget memiliki makna peranti (perangkat) elektronik atau mekanik yang memiliki fungsi praktis. Kata gadget lebih kepada suatu alat yang berukuran kecil (elektronik) yang mudah dikantongi, dibawa kemana-mana (mobile). Bisa berupa Smartphone, Tablet, Laptop, Mp3 Player yang memiliki berbagai fitur program dan terhubung ke internet. Didalam gadget terdapat ratusan ribu aplikasi baik yang bersifat mendukung pekerjaan maupun yang bersifat hiburan seperti games. Hampir setiap orang dewasa ini tidak bisa terlepas dari gadget bahkan para orangtua sult untuk meng hindarkan anaknya dari pengarus perangkat yang satu ini. Padahal ada bahaya yang jelas-jelas mengancam masa depan anak jika tidak digunakan dengan bijak.

Banyak sekali hasil penelitian yang memaparkan akan bahayanya penggunaan gadget pada anak usia dibawah 12 tahun, karena besar kemungkinan bisa menghambat perkembangan anak baik otak, mental atau fisik bahkan mengancam kematian.

Peneliti dari Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute di Amerika Serikat, menganjurkan orangtua membatasi waktu anak main gadget tidak lebih dari 2 jam dalam sehari. Rekomendasi ini diberikan setelah periset mengamati 4.500 anak-anak berusia 8-11 tahun dan menilai berapa banyak waktu yang biasanya dihabiskan anak untuk bermain gadget, tidur, dan melakukan aktivitas fisik.

Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar oleh teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya satu jam per hari. Dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja perhari.
Anak-anak dan remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, memiliki risiko kesehatan serius yang bisa mematikan.

Berikut beberapa bahaya gadget bagi anak :

1. Susah Tidur

2. Gangguan Mata

3. Sulit berkonsentrasi

4. Cemas berlebihan

5. Agresif yang berlebihan

6. Kecanduan

7. Radiasi

8. Menggangu pertumbuhan otak

9. Obesitas

Jika sayang terhadap anak batasi penggunaan gadget, demi masa depan mereka kelak. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindarkan Anak dari 'GADGET""

Posting Komentar