Sampah dan Dunia Pendidikan Kita


'Jagalah kebersihan lingkungan' kita memang tidak asing lagi dengan slogan seperti ini. kalimat tersebut sering kita jumpai baik berupa brosur atau tertulis besar di spanduk dipinggir jalan. Dan mirisnya dibawah sepanduk tersebut sampah berserakan.

Sampah merupakan permasalah yang cukup penting untuk ditangani dengan segera, pengelolaan sampah yang tidak benar pastinya akan menimbulkan dampak negatif dikemudian hari, sebut aja banjir, polusi udara, pencemaran air, berkembang biaknya berbagai kuman penyakit, disentri, tifus dan masih banyak lagi dampak yang muncul akibat sampah.

Hal tersebut tentunya harus menjadi perhatian bagi pemerhati pendidikan terutama guru yang berhadapan langsung dengan peserta didik. Pendidikan harus mampu membentuk karakter manusia yang berkontribusi bagi masyarakat tidak hanya unggul pada bidang akademik tetapi mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam bentuk nyata.

Sekolah sebagai lembaga peningkatan kualitas hidup manusia harus memberikan andil dalam pengelolaan sampah, sungguh aneh jadinya jika tempat penempa karakter tersebut malah memperlihatkan sampah yang menumpuk tak terkelola dengan baik.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menngurangi sampah, diantaranya :

  1. Mengolah limbah sampah menjadi bahan daur ulang / pupuk organik

  2. Membangkitkan kesadaran akan bahaya sampah.

  3. Penempatan bak/tong sampah yang strategis.

  4. Membentuk tim khusus dalam penanganan sampah.

Pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab setiap orang, kesadaran tersebut mestilah harus dibina sejak dini, dimulai dari diri sendiri, lingkungan sekolah dan tempat tinggal masing-masing.

[gallery td_gallery_title_input="Pendidikan dan Sampah" ids="773,774,775,776" orderby="rand"]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sampah dan Dunia Pendidikan Kita"

Posting Komentar