Siapakah Mahasiswa itu ?




Ilustrasi (Foto : pixabay.com)


Apa dan siapakah mahasiswa itu, terkada pertanyaan ini sering ditanyakan oleh calon mahasiswa atau bahkan oleh mahasiswa itu sendiri. 





Dalam Kamus Bahasa Indonesia (KBI), mahasiswa didefinisikan sebagai orang yang belajar di Perguruan Tinggi (Kamus Bahasa Indonesia Online, kbbi.web.id)





Menurut Siswoyo mahasiswa dapat didefinisikan sebagai individu yang sedang menuntut ilmu ditingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak. Berpikir kritis dan bertindak dengan cepat dan tepat 


merupakan sifat yang cenderung melekat pada diri setiap mahasiswa, yang merupakan prinsip yang saling melengkapi.





Dalam UU Pendidikan Nasional No. 23/2003 disebutkan bahwa mahasisiwa adalah siswa (peserta didik) pada perguruan tinggi atau pada pendidikan tinggi.  sedang menurut wikipedia.com mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas.





Mahasiswa dituntut jauh lebih mandiri dari siswa baik dilingkungan kampus ataupun diluar kampus. mahasiswa harus mampu menyelesaikan kontrak kuliahnya. Di perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam mencari ilmu pengetahuan, tidak hanya mengandalkan apa yang telah disampaikan oleh pengajarnya didalam ruang kelas, pengajar hanya sebagai fasilitator yang membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran. 





Peran mahasiswa :





1. Agent Of Change, Mahasiswa adalah agent of change (pembawa perubahan), karena itu menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar. mahasiswa harus mampu memberikan solusi dari berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat.





2. Moral Force, Mahasiswa dituntut untuk memiliki moral yang baik, menjadi contoh teladan bagi masyarakat. Bagaimana mungkin ia akan menjadi penggerak jika ia sendiri tidak memiliki moral atau tidak dapat menjadi suri tauladan bagi lingkungannya. Mahasiswa akan mampu menjadi tokoh penggerak jika ia dapat menjadi contoh teladan bagi masyarakat. 





3. Sosial Control, Mahasiswa itu kritis, kemapuan intelektualnya harus diatas siswa. Mahasiswa tidak boleh diam ia harus jadi pengontrol kehidupan sosial masyarakat memberikan saran, kritik serta solusi atas permasalahan sosial. dalam hal ini mahasiswa harus memiliki keberanian karena tidak jarang dalam menjalanakan peran tersebut akan berhadapan dengan kekuatan kekuasaan dan lain sebagainya. 





Jadilah mahasiswa yang bergerak, yang mampu menggerakkan diri sendiri dan orang lain, mahasiswa yang memiliki visi dan misi masadepan yang jelas. Jika mahasiswa diam maka estafet pengetahuan pasti terhenti. Bergeraklah .....












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapakah Mahasiswa itu ?"

Posting Komentar